Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Halla hello Guys ✋ ketemu lagi nih sama Aku di postingan
keenam aku. Kalian pasti udah tau ya aku sekolah di SMPN 1 Cisaat. Nah, di situ
aku ikutan ekstrakulikuler pramuka. Kalo ada acara- acara yang berbaur resmi/
besar biasanya kan suka pake surat Resmi sama Proposal. So, dipostingan kali
ini aku bakal ngeposting tentang Surat Resmi. But, ini menurut pengalaman
pribadi aku ya.
Cara membuat surat
resmi dengan menggunakan sofware Office Word cukup mudah. Namun terkadang masih
terdapat kendala pada pemformatan sehingga terkadang terkesan kurang rapi.
Kita semua sudah tahu
bahwa setidaknya ada beberapa ciri surat resmi yaitu. Menggunakan KOP surat
Disertai dengan hal, lamp, dan juga nomor surat. Berisi alamat tertujunya surat
Tanda - tangan dan cap pembuat surat.
Nah, pada
kesempatan ini, kita akan mencoba belajar membuat surat dengan teknik - teknik
yang sudah kita pelajari bersama di sini. Yuk kita mulai.
Teknik Cara
Membuat Surat Resmi Dengan Microsoft Word Selama ini, dan berdasarkan
pengalaman saya, dalam membuat surat resmi biasanya tidak dengan format -
format unik. Oleh karena itu, silahkan coba anda lihat teknik yang akan kita
peljari di sini.
- Nyalakan komputer, kudian buka microsoft Wor. Kemudian buat kop surat terlebih dahulu.
KOP
surat terletak di bagian paling atas, di sini bisa kita letakan pada bagian
Header. Berarti dalam membuat KOP surat kita menggunakan teknik insert Header
& Footer yang sudah kita pelajari.
- Kemudian beri titimangsa yang berada pada bawah kanan kop

- Membuat bagian surat berupa nomor, hal dan lampiran.
©
Letakan
kursor di bawahnya, kemudian insert tabel (buatlah) tabel dengan dua kolom dan
tiga baris.
©
Kemudian,
atur dan setting, isilah kolom tersebut dengan keterangan Nomor, Hal, Lamp.
sehingga menjadi seperti ini.
© Nah
format sudah jadi, sekarang tinggal menghilangkan garis - garis tabel. Blok tabel, klik pada ikon border &
shading kemudiak pilih No border.

- Membuat format "Kepada" Surat resmi pasti selalu ada kepada siapa surat tertuju berikut dengan alamatnya.
- Selanjutnya kalian harus mengisi kalimat pembuka, isi, dan penutup. Seperti contoh dibawah ini.
- Dan yang terakhir,
Format tanda - tangan dan cap Surat kedinasan selalu di bagian akhir
terdapat tanda - tangan dan juga cap. Bagaimana cara membuatnya agar
selalu rapi? Masih saja sama dengan teknik yang menggunakan tabel. Cara
membuat surat resmi yang baik tentu saja harus cepat dan rapi. Salah satu
teknik ini akan membuat anda membuat surat dengan rapi, presisi dan mudah
diatur. Oke, coba kita sekarang buat dua buah tanda – tangan.
Nah,
gimana postingan kali ini? Bermanfaat ga nih? Ya semoga bermanfaat ya...
Mohon maaf bila ada salah
penulisan, dan mungkin salah presepsi, karena Aku juga masih dalam tahap
pembelajaran.. tunggu postingan Aku berikutnya, jangan bosen bosen ya pantengin
terus blog Aku, Insyaallah postingan ini akan bermanfaat bagi kita semua ..
aamiin.. dan jangan lupa kalo kalian
punya request untuk di jadikan blog alias di posting sama aku hubungin aku aja
ya.. dan dan jangan lupa follow IGE aku ya @ukwnjl ... tenkyu...byeeeI©J
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar